Sabtu, 05 Desember 2015

Tips Mencegah dan Mengatasi Banjir

Tips Mencegah dan Mengatasi Banjir

Bencana banjir seolah-olah terdengar tidak asing lagi, karena bencana tersebeut sering kali menimpa masyarakat. Hujan deras berkepanjangan sehingga menyebabkan bencana banjir yang tidak dapat di hindari, banjir yang merusak lingkungan, tempat tinggal dan perabotannya, sampai mengancam kesehatan karena banyaknya penyakit yang dapat menyerang kesehatan.

Apakah kita hanya bisa diam saja tanpa melakukan tindakan sedikit-pun dan membiarkan kondisi menjadi tidak sehat. Tentu tidak, karena itu kita harus bekerja sama dengan pemerintah yang telah bekerja keras selama ini untuk menanggulangi bencana banjir, sehingga kita harus mendukungnya untuk penanggulangan bencana banjir.

Berikut ini ada beberapa cara untuk Mencegah dan Mengatasi Banjir :

1. Membuat Saluran Air
Salah satu cara mencegah dan mengatasi banjir adalah dengan membuat saluran air. Ketika saluran air di perkotaan atau di rumahmu dibuat dengan baik dan tidak ada sampah yang menyumbat saluran air, maka setiap hujan yang mengalir akan mudah dialirkan dan tidak akan menumpuk dan menyebabkan bencana banjir.

2. Membuang Sampah pada Tempatnya
Salah satu penyebab banjir adalah tumpukan sampah yang ada di sungai. Oleh karena itu, jika anda ingin mencegah banjir, buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah di sungai karena hal tersebut membuat aliran sungai tidak lancar.

3. Membersihkan Saluran Air
Cara mencegah dan mengatasi banjir, salah satunya adalah dengan rutin membersihkan saluran air. Jika banyak sampah yang ada di saluran air, pastilah saluran tersebut akan mampet dan bisa menyebabkan banjir. Untuk itu, bersihkan saluran setidaknya sekali seminggu.


4. Membuat Bendungan
Agar banjir tidak meresahkan masyarakat, tak ada salahnya anda membuat bendungan di sekitar sungai. Dengan adanya bendungan tersebut, jika air sungai membludak saat hujan, air akan tertahan oleh bendungan dan tidak akan menyebabkan banjir sampai rumah warga.

5. Menanam Pohon
Menanam pohon bisa dimasukkan dalam cara mencegah dan mengatasi banjir. Ketika banyak pohon yang ditanam, maka air hujan akan terserap dengan baik ke tanah. Jika air hujan sudah terserap ke tanah, pastilah tidak ada banjir yang akan melanda bukan?

6. Melestarikan hutan
Hutan, sekarang ini tidak lagi dijaga. Banyak orang yang sengaja merusaknya dengan cara membakar hutan untuk lahan. Padahal, jika tidak ada hutan, air hujan tidak bisa terserap ke tanah sehingga nantinya air hujan tersebut bisa memicu adanya bencana banjir. Oleh karena itu, lestarikan hujan jika anda tak ingin banjir melanda ibu kota.

7. Membuat Lubang Biopori
Saking banyaknya perumahan di kota, air hujan yang turun tidak bisa meresap ke tanah sehingga sering kali menyebabkan banjir di ibu kota. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah membuat lubang biopori. Dengan adanya lubang tersebut, setidaknya air hujan bisa meresap langsung ke tanah.

8. Membuat Sumur
Bagi anda yang tak ingin banjir terus melanda, tak ada salahnya anda membuat sumur. Dengan adanya sumur serapan itu, pastinya air hujan bisa terserap baik ke tanah dan tidak akan menyebabkan banjir.

9. Mengeruk Sungai
Terjadinya banjir bisa jadi karena kedalaman sungai yang kurang sehingga sungai akan mudah meluap. Untuk itu, agar sungai tidak membludak dan menyebabkan banjir, tak ada salahnya anda mengeruk sungai sehingga aliran air sungai akan mengalir pada tempatnya.


10. Membuat Paving Stone
Pastilah anda sering menjumpai perumahan yang banjir saat hujan. Salah satu cara mengatasi dan mencegah banjir bisa dilakukan dengan membuat paving stone. Dengan adanya paving jalan tersebut, air hujan bisa terserap ke tanah lewat celah-celah pada paving dan banjirpun tak akan lagi melanda.


Mencegah dan mengatasi banjir perlu diketahui oleh masyarakat kota yang selalu bermasalah dengan bencana banjir. Setelah anda mengetahui 10 cara mencegah dan mengatasi banjir, kini anda sebagai masyarakat kota tak akan lagi di pusingkan dengan masalah banjir karena anda sudah bisa menemukan solusinya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar