Selasa, 08 Desember 2015

Luban Biopori

Lubang Bopori

Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir R Brata, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

Cara Membut Lubang Biopori
a) Tentukan dimana anda membuat lubang biopori, sebagai saran, utamakan lahan yang biasanya menjadi langganan genangan atau aliran air.
b) Buatlah lubang berbentuk silindris dan vertikal kedalam tanah dengan diameter kira-kira 10 cm dan kedalaman yang tidak melebihi level air tanah. Jika level air tanah ditempat anda normal maka kedalamannya kira-kira 80-100 cm, namun jika agak dangkal maka kedalamannya sekitar 50 cm– intinya disesuaikan dengan muka atau level air tanah. Anda dapat menggunakan linggis atau menggunakan alat khusus untuk membuat lubang biopori anda bisa bisa meminjam di ketua RW di dareah kediaman anda
c) Untuk memperkuat mulut biopori berdiameter 2 atau 3 cm, tambahkan adukan semen kira-kira setebal dua cm di keliling mulut biopori.

manfaat lubang biopori
Setelah selesai dengan langkah-langkah pembuatan lubang biopori, anda juga perlu tahu apa saja manfaat lubang biopori bagi anda. Berbicara tentang manfaat, inilah beberapa manfaat dari pembuatan lubang biopori seperti;
  •  untuk penyimpanan air
  •  kesehatan tanah
  •  menghasilkan limbah kompos 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar